--> Skip to main content

Makalah Pendidikan Agama Islam


KONSEPSIFITRAHMANUSIADALAMPERSPEKTIFISLAMDAN 
IMPLIKASINYADALAMPENDIDIKANISLAM 
A.PENDAHULUAN 
Apaitumanusia?Mungkinbanyakyangharusberpikirdanmenyusun 
katadengantepatuntukmendefinisikannya.Banyakyangberkatamanusia 
adalahzoonpoliticon,homoeducation,homoreligious,homofaber,laquin, homosapien,homoeconomicdansebagainya1
Allah menciptakan manusia dengan karakteristik yang berbeda 
denganakalpikiranyangberagam.Dalam teorineoplastisitasdiadapat 
merespon,menangkap,merekam,menyimpan dariapa yangterjadidi 
sekitarnyadanmenemukankejadiandalamkehidupannyabahkanhalyang 
spesifik.Fitrahadalahsesuatuyangnetralpadajiwadantidakterikatserta 
terpasungolehkeinginandankeperluanduniawidanberlapangdadaserta 
jiwayangtentramdantenang.Lahirnyafitrahitubukankehendakmanusia 
tapimerupakanincludedalam allahmenciptakanmanusiadanfitrahnya, 
sepertifitrahmakan,minum,maupunrasatakut,dansebagainya.Manusia 
menurutIslamadalahwujudyangdiciptakan.Denganpenciptaanmanusiaini, 
manusiatelahdiberioleh Allahpotensiuntukhidupyangdalam halini 
berhubungandengankonsepfitrahmanusia.MenurutAbdulAzizbahwafitrah 
adalahpotensimanusiayangdapatdigunakanuntukhidupdidunia.Dengan 
potensi-potensiitumanusiaakanmampumengantisipasisemuaproblem 
kehidupanyangberagam 
ManusiamerupakanmakhlukciptaanAllahSWTyangpalingsempurna.Dimana kesempurnaaniniyangmembedakanmanusiadenganmakhluk-makhluklainnya. 
الْإِنْسَانَفِيأَحْسَنِتَقْوِيمٍ لَقَدْخَلَقْنَا 
“Sungguh,KamiAllahtelahmenciptakanmanusiadalambentukyangsebaik- baiknya” 
1Zuhairin,dkk.,FilsafatPendidikanIslam,(Jakarta:BumiAksara,2004),hlm.82. 
KelebihanyangAllahSWTberikankepadamanusiamerupakanpemberian 
yangsangatluarbiasa.Darikelebihan-kelebihanmanusiatersebut,kita 
dapatmemberikanbeberapacontohyangdigolongkankedalam5kelebihan 
yangdimilikiolehmanusia.Yangpertama,bentuk manusia itu paling 
sempurna.Yangkedua,manusiaitudianugerahiakal.Yangketiga,manusia 
dianugerahinafsuolehAllahSWT.Yangkeempatmanusiajugadianugerahi 
hatinurani(qalbu).Danyangkelima,manusiadiberikebebasanuntuk menentukanpilihan.2Kelimahaltersebutmerupakanfitrahyangdimiliki 
olehsetiapmanusia. 
Fitrahmanusia,memilikibeberapaperananpentingdidalam dunia 
pendidikan.Banyaksekalifitrahmanusiayangberkaitandengandunia 
pendidikan.Salahsatucontohnyaadalahfitrahmanusiadidalampendidikan 
pribadi.Sebelum membahaslebihdalam tentanghubunganantarafitrah 
manusia dengan pendidikan pribadi.Disinikita haruspaham,apa itu 
pendidikan?Pendidikanadalahsegalausahayangdilakukanuntukmendidik 
manusiasehinggadapattumbuhdanberkembangsertamemilikikemampuan 
ataupotensisehinggadapatdikembangkan.3Pendidikantersebut,berupaya 
untuk mendewasakan manusia.melaluipendidikan ini,manusia dapat 
tumbuhdanberkembangsecarawajardansempurnasehinggahaltersebut 
dapatmelakukan tugassebagaimanusia.pendidikan dapatmengubah 
manusiadariyangawalnyatidaktahumengenaisuatuhal,lalumenjadikanya 
apayangtidakdiketahuitersebutdapadiketahui.Dariyangawalnyatidak 
baik,kemudianpendidikanmengubahnyamenjadibaik.Dalamhaltersebut, 
pendidikanmerubahsegalanya.Jikadipahamidenganbenar,pendidikan 
merupakansuatuhalyangteramatpentingbagimanusia,apalagididalam 
islam.Karenapendidikanmerupakansuatukewajibanbagisetiapindividu.
Ilmudanpendidikanbagaikanduasisipadamatauang.Keduanya 
merupakanbagianyangtakterpisahkan.Ilmumerupakanobjekutamadalam 
pendidikan.Sedangkanpendidikanmerupakanprosesdalam“transfer”ilmu, 
2HeriJauhariMuchtar,FikihPendidikan,(Bandung:RemajaRosdakarya:2012)hlm,7-10 3HeriJauhariMuchtar,FikihPendidikan,.....hlm,14 4HeriJauhariMuchtar,FikihPendidikan,.....hlm,1 
yangumumnyadilakukanmelaluitigacara:yaknilisan,tulisan/gambar,dan 
perbuatan(perilaku/sikap).Dalam halinisiapakahyangharusmenjadi 
acuanataupedomandalam pendidikanpribadiini? JawabnyaRasulullah 
MuhammadSAW.Dalam suratal-ahzabayat21,allahberfirman:“sungguh 
padadiriRasulullah(MuhammadSAW.)ituterdapatsuriteladanyangbaik 
bagikamusekalian”. 
B.PEMBAHASAN 
a.Pengertianfitrah 
Manusiadiciptakansangpenciptadalambentukyangpalingbaikdan 
sempurnadiantaramakklukyanglainnya.Memilikiunsurjasmaniahdan 
rohaniah,unsurinimerupakanseperangkatkemampuandasaryang 
memilikikecenderunganberkaryayangdisebutpotensi,yangmenurut 
pandanganislamdinamakan“fitrah”. 
Kata “fitrah” berasal dari kata (fi’il) fathara yang berarti 
“menjadikan”.FitrahSecaraetimologiberasaldarikosakatabahasa 
Arabyaknifa-tha-rayangberarti“kejadian”berartijugapenciptaan,sifat pembawaan manusia (yang ada sejak lahir)5. Didalam “munjid” 
ditemukanbahwafitrahmempunyaiartiyaitusifatyangmenyifatisegala 
yangadapadasaatselesaidiciptakan.Pengertiansecaraetimologi 
tersebut masih bersifat umum.Untuk mengkhususkan artifitrah 
hendaklahdiperhatikanmaksudfirmanallahSWTdansabdaRasulullah 
SAWsebagaiberikut:“makahadapkanlahwajahmukepadaagamadengan 
selurus-lurusnya,(sesuaidengankecenderunganaslinya).Itulahfitrah 
allah,yangallahciptakanmenciptakanmanusiadiatasfitrahitu.Itulah 
agamayanglurus.Namunkebanyakanorangtidakmengetahuinya”.(QS 
Al-Rum:30).“Tiap-tiapanakdilahirkandiatasfitrah,makaibubapak 
nyalahyangmendidikanyamenjadiorangyangberagamayahudi,nasrani, 
dan majusi.(HR bukari).Para ulama telah memberikan berbagai 
interpretasitentangfitrahsepertiyangtersebutdalam al-qur’andan 
haditsdiatas. 
5AbdulMujib.Fitrah&KepribadianIslam,SebuahPendekatanPsikologis.(Jakarta:Darul Falah:1999)hlm,47 
Fitrahmanusiajugamemilikikebutuhanyangbersifatjasmani 
sepertimakan,minum,bereproduksi,dan sebagainya.Pemenuhan 
kebutuhanjasmaniharusdiarahkandalamrangkamengaktualisasifitrah 
manusia.Didalam dirimanusia juga terdapatdua halyangsangat 
dominan,yaituharapandankecemasan,harapantentangkehidupanyang 
baik,tentram,sejahtera,danhalbaiklainnya,sedangkankecemasan 
tentangmalapetaka,bencana,sengsaraataumenderita,danhalburuk lainnya6.Agarterciptanyapendidikanyangberkualitasdanbagus,perlu 
adanya manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan tersebut 
diperlukanditengahpencarianprogram pendidikanagarorganisasidi 
bidangpendidikansemakinmaju.Manajementersebutdapatmemajukan suatubidangpendidikanatausuatulembagapendidikan.7Dimanaantara 
lembagadanmanajemensalingterkaitdidalambidangpendidikanagar 
manusiamampumenunjukankualitasnyadidalambidangpendidikan. 
b.Pengembanganfitrah 
Fitrahyangdimilikiseorangmanusiasebagaianugrahdarituhanya 
yangtakternilaiharganyaituharusdikembangkanagarmanusiadapat 
menjadimanusiayangsempurna(insalal-kamil).M natsirmenyebutkan 
bahwa pengembangan fitrah adalah salah satu tugas risalah yang 
diembanolehnabimuhammadSAW. 
Isyaratal-qur’anmengatakanbahwa: 
1.Manusiayangfitrahagamanyatidakdikembangkan,sehinggaia 
menjadikafir,makaiaadalahsejahat-jahathewanmelata. 
2.Mausiayangfitrahinteleknyatidakdikembangkan,sehinggaia 
menjadibodoh,makaiaadalahlebihsesatdarihewan. 
Berkembangatautidaknyafitrahitutergantungkepadaduafaktor: 
1.Usahamanusiasendiri 
Salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan dalam 
pengembanganfitrahadalahmelaluipendidikan. 
6AbuAhmadi.Dasar-DasarPendidikanAgamaIslam.(Jakarta:BumiAksara:2000)hlm,16 7MujamilQomar,ManajemenPendidikanIslam,(Jakarta:AksaraPratama:2007)hlm,3 
2.Hidayah(petunjuk)allah 
Hidayahyangdiberikanolehallahdalanrangkapengembangan 
fitrahadabeberapamacam: 
a.Hidayahaql(akal) 
b.Hidayahqalb(hati) 
c.Hidayahdin(agama)
c.Tujuandanprinsip-prinsippendidikanislam 
Tujuanpendidikanislam sesungguhnyatidakterlepasdariprinsip- 
prinsippendidikanyangbersumberdarinilai-nilaiAl-Qur’andanas- 
sunnah.Dalam halini,palingtidakadalimaprinsipdalam pendidikan 
islam.Kelimaprinsipterebutadalah: 
Pertama,prinsipintegrasi(tauhid).Prinsipinimamandangadanya 
wujud kesatuan dunia-akhirat.Oleh karena itu,pendidikan akan 
meletakanporsiyangseimbanguntukmencapaikebahagiaandidunia 
sekaligusakhirat. 
Kedua,prinsipkeseimbangan.Prinsipinimerupakankonsekuensidari 
prinsip integrasi.Keseimbangan yang proporsionalantara muatan 
ruhinahdanjasmaniah,antarailmumurnidanterapan,antarateoridan 
praktik,danantaranilaiyangmenyangkutaqidah,syari’ah,danakhlak. 
Ketiga,prinsippersamaandanpembebasan.Prinsipinidikembangkan 
darinilaitauhid,bahwatuhanadalahesa.Olehkarenaitu,setiapindividu 
danbahkansemuamakhlukhidupdiciptakanolehpenciptayangsama 
(tuhan).Perbedaan hanyalah unsur untuk memperkuat persatuan. 
Pendidikanislamadalahsatuupayauntukmembebaskanmanusiadari 
belenggunafsuduniamenujupadanilaitauhidyangbersihdanmulia. 
Manusia,denganpendidikan,diharapkanbisaterbebasdaribelenggu 
kebodohan,dankemiskinan. 
Keempat,prinsipkontinuitasdanberkelanjutan(istiqamah).Dari 
prinsipinilahdikenalkonseppendidikanseumurhidupsebabdalam 
islam,belajaradalahsatukewajibanyangtidakpernahdantidakboleh 
8Ramayulis,IlmuPendidianIslam,(JakartaPusat:KalamMulia:1994)hlm,201-207. 
berakhir.Seruanmembacayangadadalamal-qur’annerupakanperintah 
yangtidakmengenalbataswaktu.Denganmenuntutilmusecarakontinu 
dan terus-menerus,diharapkan akan munculkesadaran pada diri 
manusiaakandiridanlingkungannya,danyanglebihpentingtentusaja 
adalahkesadaranakantuhannya. 
Kelima,prinsipkemaslahatandankeutamaan.Jikaruhtauhidtelah 
berkembang dalam sistem moral dan akhlak seseorang dengan 
kebersihanhatidankepercayaanyangjauhdarikotoranmakaiaakan 
memilikidayajuanguntukmembelahal-halyangmaslahatatauberguna 
bagikehidupan.Sebab,nilaitauhidhanyabisadirasakanapabilaiatelah 
diterapkan dalam gerak langkah manusia untuk kemaslahatan, 
keutamaanmanusiaitusendiri. 
Dengandemikiandapatdisimpulaknbahwaprinsippendidikanislam 
identikdenganprinsiphidupsetiapmuslim,yakniberiman,bertakwa, 
berakhlakmulia,berkepribadianmuslim,insahshalihgunamengemban 
amanatallahsebagaikhalifahdimukabumidanberibadatkepadatuhan 
untukmecapairidha-Nya.
d.FitrahmanusiadanImplikasinyaterhadappendidikanislam 
Bertolakdarikonsepfitrahyangmemilikiduasifatyaitufitrah 
yangbersifatilahiyahdanjasadiyahmakakebanyakanberimplikasiatau 
mempunyaiakibatlangsung terhadap pendidikan islam.Kehadiran 
pendidikanislam merupakansebuahkeharusankarenafitrahmanusia 
masihmerupakanpotensiyangtependam danbelum berkembangyang 
masihmemerlukansentuhanpihaklainyangmenjaga,mengarahkandan 
mengembangkannya. 
Berkaitandenganfitrahmanusia,AbdurrahmanAn-Nahlawi 
menjelaskanbahwapendidikanislamharusmampuberperandalam4 
hal,yaitu: 
1.Menjagadanmemeliharafitrahanakmenjelangbaligh. 
2.Mengembangkanseluruhpotensidankesiapanyangbermacam- 
9Moh.Roqib,IlmuPendidikanIslam,(Yogyakarta:LKISYogyakarta,2009)hlm,32-33. 
macam. 
3.Mengarahkan seluruh fitrah dan potensiinimenuju kepada 
kebaikandankesempurnaanyanglayakbaginya. 
4.Prosesinidilakukansecarabertahap. 
Keempathaldiatasharusditerapkandalampendidikanislam 
yangterkaitdengan fitrahmanusia.Dalam fitrahmanusia yang 
bersifatilahiyatmisalnya,prosespendidikanislam dapatdiawali 
denganmengarahkanpesertadidikuntuktetapberibadahdantaat 
kepadaallahSWT.Disampingitu,pendidikanislam harusmampu 
menjagadanmemeliharapesertadidikdarikemungkinanpengaruh 
luaryangbisamengikis,menjerumuskandanmengiringpesertadidik 
keluardarifitrahnya. 
Implikasiiniakanmemasukipadasemuakomponensistem 
pendidikanislam,baikdalam merumuskantujuan,pendidikyang 
pandai,cakapdantrampil,pesertadidikayangkondusif,pemelihara 
materiyangtepat,penggunaanmetodeyangfleksibel,penciptaan 
lingkunganyangmendukung,danevaluasiyangcermatdantepat. 
Sementara fitrah jasadiyah berupa potensi-potensi atau 
kemampuandasaryanglebihbersifatfisikseperti:alatperaba, 
pencium,pendengaran,penglihatan,akal,hati,bakatdanketrampilan 
yangsemuanyatelahdibawanyasejaklahir.10 
Bagaimana cara mengembangkan potensi-potensi dalam 
(fitrah)inipendidikanislam,menurutDr.Jalaludindapatdilakukan 
denganberbagaicaradanpendekatanyaitu:11 
1.Pendekatanfilosofis 
Pendekataninimengacupadahakikatpenciptaanmanusiaitu 
sendiriyaitu sebagaimakhluk ciptaan allah.Dalam filsafat 
pendidikanislam inilahnilai-nilaiilahiyahmerupakannilai-nilai 
yang mengandung kebenaran hakiki. Berdasarkan hal ini, 
10Mujahid,.(konsepFitrahDalamIslamDanImplikasinyaTerhadapPendidikanIslam.Jurnal PendidikanAgamaIslam,2005,Vol.2,No.I).33-35. 11Al-Tadzkiyyah,.(KonsepFitrahmanusiaDanImplikasinyadalampendidikanIslam.Jurnal PendidikanIslam,2017,Vol.8,No.II)Hal.260-262. 
pengembangan potensi manusia diarahkan untuk memenuhi 
jawaban yang mengacu pada permasalahan yang menyangkut 
pengabdian kepada allah.Sedangkan ungkapan rasa syukur 
digambarkan dalam bentuk penghayatan terhadap nilai-nilai 
akhlak yang terkandung didalamnya serta mampu 
diimplementasikandalam sikapdanperilaku,lahiriyahmaupun 
bathiniah.Kesadaransepertiinitimbulatasdorongandaridalam 
bukanataspengaruhluar. 
2.Pendekatankronologi 
Pendekatankronologisyaitupendekatanyangdidasarkanatas 
proses perkembangan melalui tahapan-tahapan. Manusia 
dipandangsebagaimakhlukyangevolutif.Didasaribahwamanusia 
bukanmakhluksiapjadi,yaknisetelahlahirlangsungmenjadi 
dewasa.Dalam haliniadalahmanusia sejaklahirmenginjak 
dewasa,perkembanganmanusiamelaluiperiodisasi. 
3.Pendekatanfungsional 
Setiappotensiyangdianugrahkanallahtentunyadimanfaatkan 
olehmanusia.tuhansebagaipencipta,mustahilmenciptakan 
sesuatutanpatujuan,hinggaterkesanmengadakansesuatuyang 
sia-sia.Semuayangdiciptakannyamempunyaitujuan,termasuk 
yang berkaitan dengan penciptaan potensimanusia.Melalui 
pendekatan ini dimaksudkan bahwa pengembangan potensi 
manusiadilihatdalam kaitanyadenganfungsi-fungsipotensiitu 
masing-masing dorongan naluriah,sepertimakan dan minum 
dikembangkandengantujuanagarmanusiadapatmemelihara 
hidupnya. Dengan pendekatan ini diharapkan agar arah 
perkembanganpotensiyangadapadamanusiatidakmenjadisia- 
sia dan kaitanya dengan fungsimanusia sebagaimengabdi 
(menyembah)Allahdengansetiadanikhlas. 
4.Pendekatansosial 
Manusiapadakonsepal-naslebihditekankanpadastatusnya 
sebagaimakhluksosial.Berdasarkanpendekatanini,manusia 
dilihatsebagaimakhlukyangmemilikidorongan untuk hidup 
berkelompok dan bermasyarakat.Melaluipendekatan sosial, 
peserta didik dibina dan dibimbing sehingga potensiyang 
dimilikinya yaitu sebagaimakhluksosial,dapattersalurdan 
sekaligusterarahkepadanilai-nilaipositif. 
Para pakarberpendapatbahwa manusia dalam menganut 
pendidikanumum maupunpendidikanislam harusdidasarkanpada 
konsepmanusia,yangmana mengertibahwamanusia juga pada 
dasarnyadiberisifatkeingintahuanyangbesar,danharusmenggali 
ilmuyangsebanyak-banyaknya.danfitrahmanusiainisebagaipijakan 
manusiayangpalingdasarsebelum memahamitentangpendidikan 
islam,jikamanusiatidakmemilikikejelasankonsepmanusiamaka 
hidupnyasepertikehilanganarah,bahkantidakmemahamiapayang 
dipelajari. 
Dalampendidikanislaminilahtransformasidaninternalisasi 
ilmu kepada peserta didik yang dapat terus mengembangkan 
fitrahnyasebagaimanusiadenganberbagainilai-nilaikehidupanyang 
bermanfaat untuk mencapai mencapai keselarasan dan 
kesempurnaan.12 
Misidaripendidikanislam yakniterusmengembangkandan 
menjagafitrahpesertadidikdenganbaiksecaraefektifdandinamis 
mengingatsifatdaripesertadidikituberbeda-bedadanterbatas,dan 
ini menjadi tugas para pendidik yang harus terus berupaya 
mempersiapkan dan mengerahkan potensi peserta didik dan 
mengarahkanpotensifitrahmenujukebaikan. 
Pendidikanislam harusmampumemahamipotensipeserta 
didikbaikdalamaspekjasmanimaupunrohani,seperti:intelektual, 
emosional,moral,serta sisireligius daripeserta didik untuk 
mewujudkaninsanyangparipurna,yangdapataktifdengansegala 
potensiyangdiamiliki. 
12Zubaedi,Isu-IsuBarudalamDiskursusFilsafatPendidikanIslamdanKapitaSelektaPendidikan Islam.(Yogyakarta:PustakaBelajar:2010)hlm,2 
C.SIMPULANMenurutkonsepIslam setiapanakyangdilahirkantelahmemiliki 
fitrah.Fitrah tersebut dapat berupah fitrah Ilahijiah yang berwujud 
pengakuan akan keesaan dan kebesaran Allah, beragama Islam, 
berpembawaanbaikdanbenar,danfitrahJasadiyahyangberupapotensi- 
potensiataukemampuandasaryanglebihbersifatfisikberupaindraseperti 
alatperaba,pencium,pendengaran,pcnglihatan,akal,hati,bakatdan 
ketrampilan yang semuanya telah dibawanya sejak lahir. Dalam 
Operasionalnya,pendidikanIslam selaluberangkatdanberpijakkepada 
fitrahmanusia,danfitrahtersebutdikembangkanmelaluitindakan-tindakan 
pendidikan sehingga fitrah manusia tidak akan matidan dan terus 
berkembang.PendidikanIslam akanmengantarkanmanusia menggapai 
tujuanpendidikanIslamyaitutercapainyainsanyangselalumendekatkan 
dirikepadaAllahdanmemperolehkebahagiaanduniadanakhirat.Sarana 
untukmenggapaicita-citatersebutadalahberkembangdanberfungsinya 
fitrahmanusiasesuaidengankehendakpenciptanya.caramengembangkan 
potensi-potensidalam (fitrah)inipendidikan islam yaitu:pendekatan 
filosofis,kronologi,fungsional,dansosial. 
DAFTARPUSTAKA 
Ahmadi,Abu.Dasar-dasarPendidikanAgamaIslam.(Jakarta:BumiAksara:2000) 
Al-Tadzkiyyah.KonsepFitrahmanusiaDanImplikasinyadalampendidikanIslam. 
JurnalPendidikanIslam,2017,Vol.8,No.II:260-262. 
Moh.Roqib,IlmuPendidikanIslam.(Yogyakarta:LKISYogyakarta,2009). 
Muchtar,HeriJauhari.FikihPendidikan.(Bandung:RemajaRosdakarya:2012) 
Mujahid.KonsepFitrahDalamIslamDanImplikasinyaTerhadapPendidikanIslam. 
JurnalPendidikanAgamaIslam,2005,Vol.2,No.I:33-35. 
Mujib,Abdul.Fitrah&KepribadianIslam,SebuahPendekatanPsikologis.(Jakarta: 
DarulFalah:1999) 
Qomar,Mujamil.ManajemenPendidikanIslam.(jakarta:AksaraPratama:2007) 
Ramayulis,IlmuPendidikanIslam.(JakartaPusat:KalamMulia,1994). 
Zubaedi.Isu-isuBaruDalam DiskursusFilsafatPendidikanIslam danKapita SelektaPendidikanIslam.(Yogyakarta:PustakaBelia:2010)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar