Makalah Pendidikan Agama Islam
KONSEPSIFITRAHMANUSIADALAMPERSPEKTIFISLAMDAN
IMPLIKASINYADALAMPENDIDIKANISLAM
A.PENDAHULUAN
Apaitumanusia?Mungkinbanyakyangharusberpikirdanmenyusun
katadengantepatuntukmendefinisikannya.Banyakyangberkatamanusia
adalahzoonpoliticon,homoeducation,homoreligious,homofaber,laquin, homosapien,homoeconomicdansebagainya1.
Allah menciptakan manusia dengan karakteristik yang berbeda
denganakalpikiranyangberagam.Dalam teorineoplastisitasdiadapat
merespon,menangkap,merekam,menyimpan dariapa yangterjadidi
sekitarnyadanmenemukankejadiandalamkehidupannyabahkanhalyang
spesifik.Fitrahadalahsesuatuyangnetralpadajiwadantidakterikatserta
terpasungolehkeinginandankeperluanduniawidanberlapangdadaserta
jiwayangtentramdantenang.Lahirnyafitrahitubukankehendakmanusia
tapimerupakanincludedalam allahmenciptakanmanusiadanfitrahnya,
sepertifitrahmakan,minum,maupunrasatakut,dansebagainya.Manusia
menurutIslamadalahwujudyangdiciptakan.Denganpenciptaanmanusiaini,
manusiatelahdiberioleh Allahpotensiuntukhidupyangdalam halini
berhubungandengankonsepfitrahmanusia.MenurutAbdulAzizbahwafitrah
adalahpotensimanusiayangdapatdigunakanuntukhidupdidunia.Dengan
potensi-potensiitumanusiaakanmampumengantisipasisemuaproblem
kehidupanyangberagam
ManusiamerupakanmakhlukciptaanAllahSWTyangpalingsempurna.Dimana kesempurnaaniniyangmembedakanmanusiadenganmakhluk-makhluklainnya.
الْإِنْسَانَفِيأَحْسَنِتَقْوِيمٍ لَقَدْخَلَقْنَا
“Sungguh,KamiAllahtelahmenciptakanmanusiadalambentukyangsebaik- baiknya”
1Zuhairin,dkk.,FilsafatPendidikanIslam,(Jakarta:BumiAksara,2004),hlm.82.
KelebihanyangAllahSWTberikankepadamanusiamerupakanpemberian
yangsangatluarbiasa.Darikelebihan-kelebihanmanusiatersebut,kita
dapatmemberikanbeberapacontohyangdigolongkankedalam5kelebihan
yangdimilikiolehmanusia.Yangpertama,bentuk manusia itu paling
sempurna.Yangkedua,manusiaitudianugerahiakal.Yangketiga,manusia
dianugerahinafsuolehAllahSWT.Yangkeempatmanusiajugadianugerahi
hatinurani(qalbu).Danyangkelima,manusiadiberikebebasanuntuk menentukanpilihan.2Kelimahaltersebutmerupakanfitrahyangdimiliki
olehsetiapmanusia.
Fitrahmanusia,memilikibeberapaperananpentingdidalam dunia
pendidikan.Banyaksekalifitrahmanusiayangberkaitandengandunia
pendidikan.Salahsatucontohnyaadalahfitrahmanusiadidalampendidikan
pribadi.Sebelum membahaslebihdalam tentanghubunganantarafitrah
manusia dengan pendidikan pribadi.Disinikita haruspaham,apa itu
pendidikan?Pendidikanadalahsegalausahayangdilakukanuntukmendidik
manusiasehinggadapattumbuhdanberkembangsertamemilikikemampuan
ataupotensisehinggadapatdikembangkan.3Pendidikantersebut,berupaya
untuk mendewasakan manusia.melaluipendidikan ini,manusia dapat
tumbuhdanberkembangsecarawajardansempurnasehinggahaltersebut
dapatmelakukan tugassebagaimanusia.pendidikan dapatmengubah
manusiadariyangawalnyatidaktahumengenaisuatuhal,lalumenjadikanya
apayangtidakdiketahuitersebutdapadiketahui.Dariyangawalnyatidak
baik,kemudianpendidikanmengubahnyamenjadibaik.Dalamhaltersebut,
pendidikanmerubahsegalanya.Jikadipahamidenganbenar,pendidikan
merupakansuatuhalyangteramatpentingbagimanusia,apalagididalam
islam.Karenapendidikanmerupakansuatukewajibanbagisetiapindividu.4
Ilmudanpendidikanbagaikanduasisipadamatauang.Keduanya
merupakanbagianyangtakterpisahkan.Ilmumerupakanobjekutamadalam
pendidikan.Sedangkanpendidikanmerupakanprosesdalam“transfer”ilmu,
2HeriJauhariMuchtar,FikihPendidikan,(Bandung:RemajaRosdakarya:2012)hlm,7-10 3HeriJauhariMuchtar,FikihPendidikan,.....hlm,14 4HeriJauhariMuchtar,FikihPendidikan,.....hlm,1
yangumumnyadilakukanmelaluitigacara:yaknilisan,tulisan/gambar,dan
perbuatan(perilaku/sikap).Dalam halinisiapakahyangharusmenjadi
acuanataupedomandalam pendidikanpribadiini? JawabnyaRasulullah
MuhammadSAW.Dalam suratal-ahzabayat21,allahberfirman:“sungguh
padadiriRasulullah(MuhammadSAW.)ituterdapatsuriteladanyangbaik
bagikamusekalian”.
B.PEMBAHASAN
a.Pengertianfitrah
Manusiadiciptakansangpenciptadalambentukyangpalingbaikdan
sempurnadiantaramakklukyanglainnya.Memilikiunsurjasmaniahdan
rohaniah,unsurinimerupakanseperangkatkemampuandasaryang
memilikikecenderunganberkaryayangdisebutpotensi,yangmenurut
pandanganislamdinamakan“fitrah”.
Kata “fitrah” berasal dari kata (fi’il) fathara yang berarti
“menjadikan”.FitrahSecaraetimologiberasaldarikosakatabahasa
Arabyaknifa-tha-rayangberarti“kejadian”berartijugapenciptaan,sifat pembawaan manusia (yang ada sejak lahir)5. Didalam “munjid”
ditemukanbahwafitrahmempunyaiartiyaitusifatyangmenyifatisegala
yangadapadasaatselesaidiciptakan.Pengertiansecaraetimologi
tersebut masih bersifat umum.Untuk mengkhususkan artifitrah
hendaklahdiperhatikanmaksudfirmanallahSWTdansabdaRasulullah
SAWsebagaiberikut:“makahadapkanlahwajahmukepadaagamadengan
selurus-lurusnya,(sesuaidengankecenderunganaslinya).Itulahfitrah
allah,yangallahciptakanmenciptakanmanusiadiatasfitrahitu.Itulah
agamayanglurus.Namunkebanyakanorangtidakmengetahuinya”.(QS
Al-Rum:30).“Tiap-tiapanakdilahirkandiatasfitrah,makaibubapak
nyalahyangmendidikanyamenjadiorangyangberagamayahudi,nasrani,
dan majusi.(HR bukari).Para ulama telah memberikan berbagai
interpretasitentangfitrahsepertiyangtersebutdalam al-qur’andan
haditsdiatas.
5AbdulMujib.Fitrah&KepribadianIslam,SebuahPendekatanPsikologis.(Jakarta:Darul Falah:1999)hlm,47
Fitrahmanusiajugamemilikikebutuhanyangbersifatjasmani
sepertimakan,minum,bereproduksi,dan sebagainya.Pemenuhan
kebutuhanjasmaniharusdiarahkandalamrangkamengaktualisasifitrah
manusia.Didalam dirimanusia juga terdapatdua halyangsangat
dominan,yaituharapandankecemasan,harapantentangkehidupanyang
baik,tentram,sejahtera,danhalbaiklainnya,sedangkankecemasan
tentangmalapetaka,bencana,sengsaraataumenderita,danhalburuk lainnya6.Agarterciptanyapendidikanyangberkualitasdanbagus,perlu
adanya manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan tersebut
diperlukanditengahpencarianprogram pendidikanagarorganisasidi
bidangpendidikansemakinmaju.Manajementersebutdapatmemajukan suatubidangpendidikanatausuatulembagapendidikan.7Dimanaantara
lembagadanmanajemensalingterkaitdidalambidangpendidikanagar
manusiamampumenunjukankualitasnyadidalambidangpendidikan.
b.Pengembanganfitrah
Fitrahyangdimilikiseorangmanusiasebagaianugrahdarituhanya
yangtakternilaiharganyaituharusdikembangkanagarmanusiadapat
menjadimanusiayangsempurna(insalal-kamil).M natsirmenyebutkan
bahwa pengembangan fitrah adalah salah satu tugas risalah yang
diembanolehnabimuhammadSAW.
Isyaratal-qur’anmengatakanbahwa:
1.Manusiayangfitrahagamanyatidakdikembangkan,sehinggaia
menjadikafir,makaiaadalahsejahat-jahathewanmelata.
2.Mausiayangfitrahinteleknyatidakdikembangkan,sehinggaia
menjadibodoh,makaiaadalahlebihsesatdarihewan.
Berkembangatautidaknyafitrahitutergantungkepadaduafaktor:
1.Usahamanusiasendiri
Salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan dalam
pengembanganfitrahadalahmelaluipendidikan.
6AbuAhmadi.Dasar-DasarPendidikanAgamaIslam.(Jakarta:BumiAksara:2000)hlm,16 7MujamilQomar,ManajemenPendidikanIslam,(Jakarta:AksaraPratama:2007)hlm,3
2.Hidayah(petunjuk)allah
Hidayahyangdiberikanolehallahdalanrangkapengembangan
fitrahadabeberapamacam:
a.Hidayahaql(akal)
b.Hidayahqalb(hati)
c.Hidayahdin(agama)8
c.Tujuandanprinsip-prinsippendidikanislam
Tujuanpendidikanislam sesungguhnyatidakterlepasdariprinsip-
prinsippendidikanyangbersumberdarinilai-nilaiAl-Qur’andanas-
sunnah.Dalam halini,palingtidakadalimaprinsipdalam pendidikan
islam.Kelimaprinsipterebutadalah:
Pertama,prinsipintegrasi(tauhid).Prinsipinimamandangadanya
wujud kesatuan dunia-akhirat.Oleh karena itu,pendidikan akan
meletakanporsiyangseimbanguntukmencapaikebahagiaandidunia
sekaligusakhirat.
Kedua,prinsipkeseimbangan.Prinsipinimerupakankonsekuensidari
prinsip integrasi.Keseimbangan yang proporsionalantara muatan
ruhinahdanjasmaniah,antarailmumurnidanterapan,antarateoridan
praktik,danantaranilaiyangmenyangkutaqidah,syari’ah,danakhlak.
Ketiga,prinsippersamaandanpembebasan.Prinsipinidikembangkan
darinilaitauhid,bahwatuhanadalahesa.Olehkarenaitu,setiapindividu
danbahkansemuamakhlukhidupdiciptakanolehpenciptayangsama
(tuhan).Perbedaan hanyalah unsur untuk memperkuat persatuan.
Pendidikanislamadalahsatuupayauntukmembebaskanmanusiadari
belenggunafsuduniamenujupadanilaitauhidyangbersihdanmulia.
Manusia,denganpendidikan,diharapkanbisaterbebasdaribelenggu
kebodohan,dankemiskinan.
Keempat,prinsipkontinuitasdanberkelanjutan(istiqamah).Dari
prinsipinilahdikenalkonseppendidikanseumurhidupsebabdalam
islam,belajaradalahsatukewajibanyangtidakpernahdantidakboleh
8Ramayulis,IlmuPendidianIslam,(JakartaPusat:KalamMulia:1994)hlm,201-207.
berakhir.Seruanmembacayangadadalamal-qur’annerupakanperintah
yangtidakmengenalbataswaktu.Denganmenuntutilmusecarakontinu
dan terus-menerus,diharapkan akan munculkesadaran pada diri
manusiaakandiridanlingkungannya,danyanglebihpentingtentusaja
adalahkesadaranakantuhannya.
Kelima,prinsipkemaslahatandankeutamaan.Jikaruhtauhidtelah
berkembang dalam sistem moral dan akhlak seseorang dengan
kebersihanhatidankepercayaanyangjauhdarikotoranmakaiaakan
memilikidayajuanguntukmembelahal-halyangmaslahatatauberguna
bagikehidupan.Sebab,nilaitauhidhanyabisadirasakanapabilaiatelah
diterapkan dalam gerak langkah manusia untuk kemaslahatan,
keutamaanmanusiaitusendiri.
Dengandemikiandapatdisimpulaknbahwaprinsippendidikanislam
identikdenganprinsiphidupsetiapmuslim,yakniberiman,bertakwa,
berakhlakmulia,berkepribadianmuslim,insahshalihgunamengemban
amanatallahsebagaikhalifahdimukabumidanberibadatkepadatuhan
untukmecapairidha-Nya.9
d.FitrahmanusiadanImplikasinyaterhadappendidikanislam
Bertolakdarikonsepfitrahyangmemilikiduasifatyaitufitrah
yangbersifatilahiyahdanjasadiyahmakakebanyakanberimplikasiatau
mempunyaiakibatlangsung terhadap pendidikan islam.Kehadiran
pendidikanislam merupakansebuahkeharusankarenafitrahmanusia
masihmerupakanpotensiyangtependam danbelum berkembangyang
masihmemerlukansentuhanpihaklainyangmenjaga,mengarahkandan
mengembangkannya.
Berkaitandenganfitrahmanusia,AbdurrahmanAn-Nahlawi
menjelaskanbahwapendidikanislamharusmampuberperandalam4
hal,yaitu:
1.Menjagadanmemeliharafitrahanakmenjelangbaligh.
2.Mengembangkanseluruhpotensidankesiapanyangbermacam-
9Moh.Roqib,IlmuPendidikanIslam,(Yogyakarta:LKISYogyakarta,2009)hlm,32-33.
macam.
3.Mengarahkan seluruh fitrah dan potensiinimenuju kepada
kebaikandankesempurnaanyanglayakbaginya.
4.Prosesinidilakukansecarabertahap.
Keempathaldiatasharusditerapkandalampendidikanislam
yangterkaitdengan fitrahmanusia.Dalam fitrahmanusia yang
bersifatilahiyatmisalnya,prosespendidikanislam dapatdiawali
denganmengarahkanpesertadidikuntuktetapberibadahdantaat
kepadaallahSWT.Disampingitu,pendidikanislam harusmampu
menjagadanmemeliharapesertadidikdarikemungkinanpengaruh
luaryangbisamengikis,menjerumuskandanmengiringpesertadidik
keluardarifitrahnya.
Implikasiiniakanmemasukipadasemuakomponensistem
pendidikanislam,baikdalam merumuskantujuan,pendidikyang
pandai,cakapdantrampil,pesertadidikayangkondusif,pemelihara
materiyangtepat,penggunaanmetodeyangfleksibel,penciptaan
lingkunganyangmendukung,danevaluasiyangcermatdantepat.
Sementara fitrah jasadiyah berupa potensi-potensi atau
kemampuandasaryanglebihbersifatfisikseperti:alatperaba,
pencium,pendengaran,penglihatan,akal,hati,bakatdanketrampilan
yangsemuanyatelahdibawanyasejaklahir.10
Bagaimana cara mengembangkan potensi-potensi dalam
(fitrah)inipendidikanislam,menurutDr.Jalaludindapatdilakukan
denganberbagaicaradanpendekatanyaitu:11
1.Pendekatanfilosofis
Pendekataninimengacupadahakikatpenciptaanmanusiaitu
sendiriyaitu sebagaimakhluk ciptaan allah.Dalam filsafat
pendidikanislam inilahnilai-nilaiilahiyahmerupakannilai-nilai
yang mengandung kebenaran hakiki. Berdasarkan hal ini,
10Mujahid,.(konsepFitrahDalamIslamDanImplikasinyaTerhadapPendidikanIslam.Jurnal PendidikanAgamaIslam,2005,Vol.2,No.I).33-35. 11Al-Tadzkiyyah,.(KonsepFitrahmanusiaDanImplikasinyadalampendidikanIslam.Jurnal PendidikanIslam,2017,Vol.8,No.II)Hal.260-262.
pengembangan potensi manusia diarahkan untuk memenuhi
jawaban yang mengacu pada permasalahan yang menyangkut
pengabdian kepada allah.Sedangkan ungkapan rasa syukur
digambarkan dalam bentuk penghayatan terhadap nilai-nilai
akhlak yang terkandung didalamnya serta mampu
diimplementasikandalam sikapdanperilaku,lahiriyahmaupun
bathiniah.Kesadaransepertiinitimbulatasdorongandaridalam
bukanataspengaruhluar.
2.Pendekatankronologi
Pendekatankronologisyaitupendekatanyangdidasarkanatas
proses perkembangan melalui tahapan-tahapan. Manusia
dipandangsebagaimakhlukyangevolutif.Didasaribahwamanusia
bukanmakhluksiapjadi,yaknisetelahlahirlangsungmenjadi
dewasa.Dalam haliniadalahmanusia sejaklahirmenginjak
dewasa,perkembanganmanusiamelaluiperiodisasi.
3.Pendekatanfungsional
Setiappotensiyangdianugrahkanallahtentunyadimanfaatkan
olehmanusia.tuhansebagaipencipta,mustahilmenciptakan
sesuatutanpatujuan,hinggaterkesanmengadakansesuatuyang
sia-sia.Semuayangdiciptakannyamempunyaitujuan,termasuk
yang berkaitan dengan penciptaan potensimanusia.Melalui
pendekatan ini dimaksudkan bahwa pengembangan potensi
manusiadilihatdalam kaitanyadenganfungsi-fungsipotensiitu
masing-masing dorongan naluriah,sepertimakan dan minum
dikembangkandengantujuanagarmanusiadapatmemelihara
hidupnya. Dengan pendekatan ini diharapkan agar arah
perkembanganpotensiyangadapadamanusiatidakmenjadisia-
sia dan kaitanya dengan fungsimanusia sebagaimengabdi
(menyembah)Allahdengansetiadanikhlas.
4.Pendekatansosial
Manusiapadakonsepal-naslebihditekankanpadastatusnya
sebagaimakhluksosial.Berdasarkanpendekatanini,manusia
dilihatsebagaimakhlukyangmemilikidorongan untuk hidup
berkelompok dan bermasyarakat.Melaluipendekatan sosial,
peserta didik dibina dan dibimbing sehingga potensiyang
dimilikinya yaitu sebagaimakhluksosial,dapattersalurdan
sekaligusterarahkepadanilai-nilaipositif.
Para pakarberpendapatbahwa manusia dalam menganut
pendidikanumum maupunpendidikanislam harusdidasarkanpada
konsepmanusia,yangmana mengertibahwamanusia juga pada
dasarnyadiberisifatkeingintahuanyangbesar,danharusmenggali
ilmuyangsebanyak-banyaknya.danfitrahmanusiainisebagaipijakan
manusiayangpalingdasarsebelum memahamitentangpendidikan
islam,jikamanusiatidakmemilikikejelasankonsepmanusiamaka
hidupnyasepertikehilanganarah,bahkantidakmemahamiapayang
dipelajari.
Dalampendidikanislaminilahtransformasidaninternalisasi
ilmu kepada peserta didik yang dapat terus mengembangkan
fitrahnyasebagaimanusiadenganberbagainilai-nilaikehidupanyang
bermanfaat untuk mencapai mencapai keselarasan dan
kesempurnaan.12
Misidaripendidikanislam yakniterusmengembangkandan
menjagafitrahpesertadidikdenganbaiksecaraefektifdandinamis
mengingatsifatdaripesertadidikituberbeda-bedadanterbatas,dan
ini menjadi tugas para pendidik yang harus terus berupaya
mempersiapkan dan mengerahkan potensi peserta didik dan
mengarahkanpotensifitrahmenujukebaikan.
Pendidikanislam harusmampumemahamipotensipeserta
didikbaikdalamaspekjasmanimaupunrohani,seperti:intelektual,
emosional,moral,serta sisireligius daripeserta didik untuk
mewujudkaninsanyangparipurna,yangdapataktifdengansegala
potensiyangdiamiliki.
12Zubaedi,Isu-IsuBarudalamDiskursusFilsafatPendidikanIslamdanKapitaSelektaPendidikan Islam.(Yogyakarta:PustakaBelajar:2010)hlm,2
C.SIMPULANMenurutkonsepIslam setiapanakyangdilahirkantelahmemiliki
fitrah.Fitrah tersebut dapat berupah fitrah Ilahijiah yang berwujud
pengakuan akan keesaan dan kebesaran Allah, beragama Islam,
berpembawaanbaikdanbenar,danfitrahJasadiyahyangberupapotensi-
potensiataukemampuandasaryanglebihbersifatfisikberupaindraseperti
alatperaba,pencium,pendengaran,pcnglihatan,akal,hati,bakatdan
ketrampilan yang semuanya telah dibawanya sejak lahir. Dalam
Operasionalnya,pendidikanIslam selaluberangkatdanberpijakkepada
fitrahmanusia,danfitrahtersebutdikembangkanmelaluitindakan-tindakan
pendidikan sehingga fitrah manusia tidak akan matidan dan terus
berkembang.PendidikanIslam akanmengantarkanmanusia menggapai
tujuanpendidikanIslamyaitutercapainyainsanyangselalumendekatkan
dirikepadaAllahdanmemperolehkebahagiaanduniadanakhirat.Sarana
untukmenggapaicita-citatersebutadalahberkembangdanberfungsinya
fitrahmanusiasesuaidengankehendakpenciptanya.caramengembangkan
potensi-potensidalam (fitrah)inipendidikan islam yaitu:pendekatan
filosofis,kronologi,fungsional,dansosial.
DAFTARPUSTAKA
Ahmadi,Abu.Dasar-dasarPendidikanAgamaIslam.(Jakarta:BumiAksara:2000)
Al-Tadzkiyyah.KonsepFitrahmanusiaDanImplikasinyadalampendidikanIslam.
JurnalPendidikanIslam,2017,Vol.8,No.II:260-262.
Moh.Roqib,IlmuPendidikanIslam.(Yogyakarta:LKISYogyakarta,2009).
Muchtar,HeriJauhari.FikihPendidikan.(Bandung:RemajaRosdakarya:2012)
Mujahid.KonsepFitrahDalamIslamDanImplikasinyaTerhadapPendidikanIslam.
JurnalPendidikanAgamaIslam,2005,Vol.2,No.I:33-35.
Mujib,Abdul.Fitrah&KepribadianIslam,SebuahPendekatanPsikologis.(Jakarta:
DarulFalah:1999)
Qomar,Mujamil.ManajemenPendidikanIslam.(jakarta:AksaraPratama:2007)
Ramayulis,IlmuPendidikanIslam.(JakartaPusat:KalamMulia,1994).
Zubaedi.Isu-isuBaruDalam DiskursusFilsafatPendidikanIslam danKapita SelektaPendidikanIslam.(Yogyakarta:PustakaBelia:2010)